Selamat Datang Di Website CETS Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia

Selamat Datang di Website CETS

You are here: Home arrow Berita arrow Pelatihan Sukses di bulan Juli 2011
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pelatihan Sukses di bulan Juli 2011
Ditulis Oleh Administrator   
Tuesday, 12 July 2011
 
Center for Environmental Technology Study (CETS) Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia kembali mengadakan pelatihan rutin yang bertema lingkungan. Pada bulan Juli kali ini CETS mengadakan 3 pelatihan, yaitu Pelatihan OHSAS 18001 : 2007 pada 2-3 Juli, Pelatihan Pengelolaan Persampahan berbasis Masyarakat pada 5-7 Juli serta Pelatihan Metode Analisis Kualitas Air yang Insyaallah akan berlangsung pada tanggal 19-22 Juli, ujar Hijrah Purnama Putra, ST., M.Eng selaku koordinator pelatihan CETS disela rangkaian kegiatan pelatihan.
 
OHSAS 18001 : 2007 merupakan suatu standar internasional mengenai Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja, sistem ini sudah sangat banyak diterapkan pada Industri maupun institusi di negara-negara maju maupun berkembang. Selain OHSAS, di Indonesia juga menggunakan Standar SMK3 dari Depnaker. Sebenarnya masih banyak standar-standar lain di dunia mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja, tetapi OHSAS adalah standar yang paling banyak digunakan. OHSAS 18001 : 2007 ini adalah versi terbaru yang melengkapi versi sebelumnya yaitu versi 1999.

Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman yang mendasar kepada peserta akan pentingnya penerapan sistem ini, dalam rangka menjaga kesehatan dan keselamatan kerja, serta meminimalisir resiko bahaya yang akan timbul, ujar Luqman Hakim, ST., M.Si dalam acara pembukaan pelatihan ini. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dasar kepada peserta mengenai Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Bagi mahasiswa, disamping sebagai materi tambahan di bangku perkuliahan, pelatihan ini juga berguna sebagai pertimbangan awal dalam melamar pekerjaan pada perusahaan yang telah menerapkan OHSAS 18001 : 2007. Peserta pelatihan OHSAS ini memang kebanyakan berasal dari kalangan mahasiswa, tetapi terdapat juga kalangan industri yang siap berbagi pengalaman seperti staf bagian kesehatan dan keselamatan kerja Perusahaan Minyak Arabco UEA dan CV. Mitra Andika Surabaya.

Sedangkan pada pelatihan pengelolaan persampahan, peserta kebanyakan berasal dari instansi pemerintah terutama yang terkait dengan bidang sampah. Pelatihan ini merupakan kali ke tujuh yang diadakan oleh CETS, dengan terus meningkatkan kualitas baik dari segi materi maupun pemateri. Pelatihan kali ini menghadirkan pemateri yang berkompeten di bidang pengelolaan sampah baik dari kalangan akademisi maupun praktisi. Dosen dari Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia juga ikut memberikan materi terkait dengan kebijakan dan pengelolaan sampah yang telah berlangsung selama ini, strategi pemberdayaan masyarakat, pengelolaan sampah terpadu dengan pendekatan konsep TPST serta pemanfaatan teknologi tepat guna dalam menyelesaian problem sampahg baik secara teori maupun praktek. Kalangan praktisi menghadirkan pengalaman-pengalaman yang telah berhasil diterapkan, seperti oleh Bpk. Bambang Suwerda membawa cerita sukses dalam menerapkan bank sampah di daerah Badegan Bantul, begitu juga dengan Bpk. Iswanto dengan cerita suksesnya dalam mengajak masyarakat Sukunan untuk mandiri sampah. Aspek bisnis juga dihadirkan dalam pelatihan ini dengan hadirnya pengusaha sukses di bidang daur ulang sampah yaitu Bpk. Hiro Prabantoro yang menyampaikan trik dan tips dalam memulai bisnis berbasis daur ulang, serta kunjungan lapangan menuju tempat pengelolan sampah plastik yang dikelola oleh mahasiswa Teknik Lingkungan UII yaitu Project B Indonesia dan tujuan yang lain menuju ke Bank Sampah Badegan.

Permasalahan sampah merupakan permasalahan yang sangat kompleks, hampir semua kota di Indonesia bermasalah dengan sampah, oleh karena itu kita ingin juga berpartisipasi dalam memberikan pengetahuan yang mendasar baik teori maupun praktek dalam pengelolaan persampahan melalui kegiatan rutin pelatihan yang kita adakan, ujar Bpk. Luqman Hakim, ST., M.Si selaku Direktur CETS dalam acara pembukaan. Alumni pelatihan pengelolaan persampahan sudah sangat banyak, mulai dari instansi pemerintahan yang terkait dengan lingkungan seperti Bapedalda, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pasar dan Kebersihan maupun pihak swasta seperti konsultan yang bergerak di bidang lingkungan, Lembaga Swadaya Masyarakat dan kalangan pengajar dari berbagai daerah di Indonesia, tambah Luqman.
 
Dokumentasi Pelatihan OHSAS 18001 : 2007 periode II dapat dilihat disini
Dokumentasi Pelatihan Pengelolaan Persampahan berbasis Masyarakat periode VII dapat dilihat disini
 
< Sebelumnya   Berikutnya >
 
IMG_7996.jpg

Total Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini64
mod_vvisit_counterKemarin156
mod_vvisit_counterMinggu ini762
mod_vvisit_counterBulan ini2347
mod_vvisit_counterTotal279074

Pengunjung Online

Terakreditasi

 TUV

 

KAN


Galeri Foto Kegiatan CETS UII

ambil sampling pt pertamina  dkpp balikpapan  persampahan

















Cets Uii | Create Your Badge