Selamat Datang Di Website CETS Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia

Selamat Datang di Website CETS

You are here: Home arrow Berita arrow Pelatihan Pesampahan 2-4 Des 2008
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pelatihan Pesampahan 2-4 Des 2008
Ditulis Oleh Administrator   
Sunday, 14 December 2008

Di awal bulan desember 2008, CETS (Center for Environmental Technology Studies) Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia mengadakan Pelatihan Pengelolaan Persampahan dengan tema “penanganan persampahan berbasis masyarakat”. Kegiatan Pelatihan ini merupakan agenda pelatihan yang ke empat dalam tahun 2008 ini, setelah berhasil mengadakan pelatihan ISO 14001 : 2004 yang berlangsung pada 22 - 23 November 2008 yang lalu. Untuk Pelatihan Pengelolaan Persampahan ini sendiri sudah yang kedua kalinya diadakan oleh CETS Jurusan Teknik Lingkungan UII.

Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut dimulai dari tanggal 2 sampai 4 Desember 2008, dibuka oleh Bapak. Dr. Ir. H. Ruzardi, MS selaku Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan serta Direktur CETS Bpk. Luqman Hakim, ST., M.Si. Dalam pembukaannya Bapak. Luqman Hakim, ST., M.Si menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini dalam rangka menindaklanjuti peraturan baru mengenai persampahan yaitu Undang-undang No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Sampah merupakan permasalahan yang sangat kompleks, dan perlu kerjasama dari semua pihak, termasuk masyarakat dalam pengelolaannya, tegas Luqman Hakim. Bapak Dr. Ir. H. Ruzardi, MS menyampaikan bahwa Jurusan Teknik Lingkungan khususnya Center for Environmental Technology Studies (CETS) telah berpartisipasi dalam membantu kegiatan masyarakat, khususnya di bidang pengelolaan sampah, walaupun jurusan ini baru dibandingkan dengan jurusan lain yang berada di bawah Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, tetapi mereka mampu menunjukkan keandalannya dari segi akademik maupun sosial masyarakat. Ini bukan kali pertama saya membuka kegiatan di Jurusan Teknik Lingkungan, sudah sangat sering CETS mengadakan berbagai macam pelatihan, dari segi peserta dan materi pelatihan terus ditingkatkan dari hari ke hari. Ini merupakan apresiasi CETS untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya, tegas Bapak Dr. Ir. H. Ruzardi, MS.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Sidang Teknik Sipil ini menghadirkan 8 orang pemateri yang berkompeten dalam bidang pengelolaan persampahan dan community development, diantaranya adalah Dr. M. Baiquni, MA (Fakultas Geografi UGM), Bpk. Ir. Hananto Hadi Purnomo, M.Sc (BAPPEDA DIY), Bpk. Ir. Agus Prasetya, M.EngSc, Ph.D (Ketua Konsentrasi Teknologi Pengelolaan & Pemanfaatan Sampah/Limbah Perkotaan Magister Sistem Teknik UGM), Andik Yulianto, ST.,MT, Luqman Hakim, ST., M.Si, Ir. Kasam, MT, Any Juliany, ST., M.Sc (Dosen Jurusan Teknik Lingkungan UII) dan praktisi lapangan Bpk. Iswanto selaku pelopor pengelolaan persampahan berbasis masyarakat dari Desa Sukunan, Godean, yang juga dosen di Poltekkes Yogyakarta.

”Pelatihan ini dirancang dalam waktu 3 hari, teori di kelas dilaksanakan dalam 2 hari dan pada hari yang terakhir ditambah dengan kunjungan lapangan ke tempat yang telah berhasil mengelola sampahnya secara mandiri, seperti sukunan dan ditambah ke lokasi daur ulang sampah Tambak Boyo, sebagai gambaran peserta mengenai pembuatan kompos yang berasal dari sampah penyapuan jalan”, ujar Hijrah Purnama Putra, ST selaku koordinator pelatihan.

Pada saat kunjungan lapangan ke Desa Sukunan, yang merupakan desa pelopor pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Yogyakarta terlihat peserta cukup antusias dalam mengikutinya, sesaat setelah pembukaan dan penjelasan singkat oleh Bpk. Suharto (tokoh masyarakat Sukunan), peserta diajak berkeliling desa melihat apa yang sudah mereka kerjakan, diantaranya pengelolaan limbah cair, sampah organik menjadi kompos, sampah kemasan yang mempunyai lapisan alumunium foil menjadi kerajinan dan lain sebagainya. ”Saya beli untuk oleh-oleh teman di kantor, supaya mereka juga termotivasi mengelola sampah, paling tidak sampah yang dihasilkan dirumahnya sendiri”, ujar Eddy Rozani, salah satu peserta dari Dinas Pasar & Kebersihan Kab. Barito Kuala yang memborong kerajinan dari sampah kemasan. Setelah mengunjungi Desa Sukunan, kunjungan berikutnya menuju Lokasi Daur Ulang Sampah (LDUS) Tambak Boyo. Lokasi ini telah berhasil memproduksi kompos sebanyak 4 ton/bulan, hampir semua sampah disini berasal dari sampah penyapuan jalan dan  pengelolaan LDUS ini dilakukan oleh Dinas KIMPRASWILHUB Kab. Sleman demikian yang diungkapkan Bpk. Maryanto selaku pengelolaa LDUS Tambak Boyo dalam sambutannya pada saat kunjungan.

Agenda Pelatihan CETS Jurusan Teknik Lingkungan UII berikutnya adalah Pelatihan Metode Analisis Kualitas Air yang insyaallah akan berlangsung pada tanggal 17-20 Desember 2008.

 

Peserta Pelatihan Pengelolaan Persampahan

1.       Dinas Lingkungan Hidup Kutai Timur

2.       Dinas Pasar & Kebersihan Kab. Barito Kuala

3.       Bapedalda Kab. Kotawaringin Timur

4.       Bapedalda Kota Tanjung Pinang

5.       Politeknik Kesehatan Banjarmasin

6.       PT. Qipra Galang Kualita, Jakarta

 
Artikel ini ditulis oleh :
Wahyu Mulyani

 

 

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
 
IMG_7997.jpg

Total Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini222
mod_vvisit_counterKemarin253
mod_vvisit_counterMinggu ini2080
mod_vvisit_counterBulan ini4746
mod_vvisit_counterTotal325682

Pengunjung Online

Terakreditasi

 TUV

 

KAN


Galeri Foto Kegiatan CETS UII

ambil sampling pt pertamina  dkpp balikpapan  persampahan

















Cets Uii | Create Your Badge