Selamat Datang Di Website CETS Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia

Selamat Datang di Website CETS

You are here: Home arrow Berita arrow Pelatihan Pengelolaan Persampahan berbasis Masyarakat berjalan sukses
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pelatihan Pengelolaan Persampahan berbasis Masyarakat berjalan sukses
Ditulis Oleh Administrator   
Sunday, 15 November 2009

Akhir tahun 2009 ini, CETS (Center for Environmental Technology Study) Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia kembali mengadakan beberapa agenda pelatihan, diantaranya adalah Pelatihan Pengelolaan Persampahan berbasis Masyarakat yang berlangsung pada tanggal 3-5 November 2009.

Pelatihan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Bpk. Dr. Ir. H. Ruzardi, MS dan Ketua Jurusan Teknik Lingkungan sekaligus sebagai Direktur CETS, yaitu Bpk. Luqman Hakim, ST., M.Si. Dalam sambutannya Bpk. Luqman Hakim menegaskan bahwa pelatihan ini dalam rangka menindaklanjuti Undang-undang No. 18 Tahun 2008, tentang Pengelolaan Persampahan. Pelatihan ini adalah pelatihan pengelolaan persampahan periode ke-3 yang telah berhasil diadakan oleh CETS Jurusan Teknik Lingkungan. Bpk. Dekan FTSP menyampaikan bahwa sampah merupakan permasalahan yang cukup kompleks, karena menyangkut berbagai strata kehidupan, tetapi dibalik permasalahan yang ditimbulkannya, sampah memiliki nilai ekonomi apabila dapat dikelola dengan baik. Program ini merupakan wujud keprihatinan baik dosen, alumni maupun mahasiswa Universitas Islam Indonesia khususnya Jurusan Teknik Lingkungan untuk dapat lebih memperhatikan permasalahan sampah, karena pada dasarnya masih banyak masyarakat yang belum sadar akan dampak yang ditimbulkan oleh sampah itu sendiri, sehingga sampah masih banyak yang di buang dan tidak dimanfaatkan kembali.

Pelatihan ini diikuti oleh 8 peserta dari berbagai instansi terkait diantaranya adalah dari Kantor Badan Pengelola Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan; Bidang Pertamanan & Kebersihan Dinas Pekerjaan Umum Kab. Kapuas; Badan Lingkungan Hidup Kota Jogjakarta; PT. Jababeka Infrastruktur; serta Dinas Pasar dan Kebersihan Kab. Barito Kuala yang telah dua kali berturut-turut mengikuti pelatihan pengelolaan persampahan pada periode sebelumnya.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Sidang Jurusan Teknik Lingkungan ini menghadirkan 8 (delapan) pembicara yang berkompeten di bidangnya, antara lain adalah Bpk. Luqman Hakim, ST., M.Si (Teknik Lingkungan UII); Bpk. Setyo Winarso (Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Jawa); Bpk. Andik Yulianto, ST., MT (Teknik Lingkungan UII); Bpk. Drs. Basriyanta (Pakar Teknologi Tepat Guna dalam Pemanfaatan Sampah); Ibu Siti Sumaryatiningsih (Fakultas Geografi UGM); Bpk. Bambang Suwerda, SST., M.Si (Pelopor Bank Sampah, Badegan, Bantul); Bpk. Ir. Agus Prasetya, M.Eng.Sc., Ph.D (Ketua Konsentrasi Teknologi Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah/Limbah Perkotaan, MST UGM): dan Ibu Dra. Hj. Kiptiyah (Ketua Koperasi Anggrek Mekar, Minomartani).

Pelatihan ini dilengkapi dengan kunjungan lapangan ke Desa Pengelola Sampah Mandiri RW.01 Minomartani dan Bank Sampah, Badegan, Bantul, Yogyakarta. Di RW.01 Minomartani peserta disugguhkan dengan berbagai kerajinan dari sampah, seperti kerajinan dari sampah kemasan, kerajinan dari kulit telur dan berbagai teknologi tepat guna dalam pengelolaan sampah seperti komposter dan alat pembuat briket skala rumah tangga, tidak hanya melihat barang-barang yang sudah siap pakai, tetapi peserta juga diajak untuk melihat langsung proses pembuatannya. Kunjungan berikutnya di Bank Sampah, Badegan peserta diajarkan bagaimana tata cara untuk menabung sampah sampai pencairan dana tabungan, disana juga terdapat bengkel untuk pengolahan styrofoam.

Kegiatan kali ini sengaja kita setting sedemikian rupa sehingga berbeda dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya, dari segi materi, pemateri maupun tempat kunjungan terus kita tingkatkan, ini berdasarkan masukan-masukan yang diterima dari kegiatan sebelumnya, jelas Hijrah P.Putra, ST., M.Eng yang bertindak sebagai Ketua Panitia. Dalam kegiatan penutupan, Hijrah juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan awal dari bentuk kerjasama yang akan dibangun oleh UII khususnya Jurusan Teknik Lingkungan dengan berbagai instansi terkait dalam pengelolaan dan pemanfaatan sampah, serta tidak menutup kemungkinan kegiatan serup akan terus kami adakan, tidak hanya untuk kalangan instansi tetapi juga untuk masyarakat umum. 

Peserta Pelatihan :
  1. Badan Pengelola Lingkungan Hidup Kab. Hulu Sungai Tengah
  2. Badan Lingkungan Hidup Kota Jogjakarta
  3. Dinas Pasar dan Kebersihan Kab. Barito Kuala
  4. Bidang Pertamanan & Kebersihan Dinas Pekerjaan Umum Kab. Kapuas
  5. PT. Jababeka Infrastruktur
Foto-foto pelatihan dapat diunduh disini
Atika Dwi Farini / Hijrah P. Putra
 
< Sebelumnya   Berikutnya >
 
IMG_0209.jpg

Total Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini37
mod_vvisit_counterKemarin75
mod_vvisit_counterMinggu ini523
mod_vvisit_counterBulan ini1394
mod_vvisit_counterTotal290865

Pengunjung Online

Saat ini ada 1 tamu online

Terakreditasi

 TUV

 

KAN


Galeri Foto Kegiatan CETS UII

ambil sampling pt pertamina  dkpp balikpapan  persampahan

















Cets Uii | Create Your Badge