Selamat Datang Di Website CETS Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia

Selamat Datang di Website CETS

You are here: Home arrow Berita arrow Pelatihan Persampahan
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pelatihan Persampahan
Ditulis Oleh Admin   
Friday, 25 July 2008

Persampahan 26-28 Juni 2008 CETS Jurusan Teknik Lingkungan FTSP UII, setelah sukses menyelenggarakan pelatihan OHSAS 18001 : 2007 tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada tanggal 7 - 8 Maret 2008 yang lalu, kali ini kembali melaksanakan agenda pelatihan berikutnya. Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 26 - 28 Juni 2008 merupakan pelatihan Pengelolaan Persampahan yang mengangkat tema tentang “penanganan persampahan berbasis masyarakat”.

    Kegiatan ini dilatarbelakangi karena persampahan merupakan masalah yang sangat krusial, sebab tidak hanya menyangkut masalah teknis tetapi juga masalah sosial, ekonomi dan budaya. Masalah yang dimaksud bukan hanya keterbatasan lahan TPA (Tempat Pembuangan Akhir), ataupun produksi sampah yang terus meningkat, namun juga menyangkut teknologi proses yang tidak efisien dan ramah lingkungan serta kurangnya peran serta dari penghasil sampah terutama masyarakat dalam penanganan sampah. Selain itu sampah juga merupakan masalah kultural karena dampaknya menyangkut berbagai sisi kehidupan terutama di kota-kota besar.

     Pelatihan ini diikuti oleh 18 peserta yang berasal dari berbagai instansi terutama yang terkait dengan masalah persampahan, diantaranya dari Dinas Pasar dan Kebersihan Kab. Barito Kuala, Badan Lingkungan Hidup Lampung Timur, Badan Lingkungan Hidup Daerah Kab. Musi Rawas, ditambah lagi dengan keiikutsertaan beberapa akademisi antara lain berasal dari Universitas Pandanaran Semarang, Universitas Gadjah Mada serta Universitas Islam Indonesia sendiri, selebihnya peserta berasal dari alumni dan mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan. Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut diadakan di ruang sidang dekanat FTSP Universitas Islam Indonesia mulai dari pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 16.30 WIB.
 
     Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bpk. Dr. Ir. H. Ruzardi, MS selaku Dekan FTSP UII dan Direktur CETS yaitu Bpk. Luqman Hakim, ST., M.Si. “Saya mengharapkan kegiatan seperti ini dapat secara rutin terlaksana, ini merupakan wujud apresiasi civitas akademika khususnya di bidang teknik lingkungan dalam menyalurkan ilmunya kepada masyarakat luas, tegas bapak Dekan. Dalam pembukaannya Direktur CETS juga menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan seperti ini juga dapat menjadi sarana merefresh para alumni khususnya teknik lingkungan, yang telah tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
 
    Pelatihan ini menghadirkan sebanyak 10 orang pembicara dari berbagai institusi diantaranya dari BAPPEDA DIY, Universitas Gadjah Mada, staf pengajar Jurusan Teknik Lingkungan UII Yogyakarta serta praktisi lapangan dari desa Sukunan dan desa Klajuran sebagai pemenang Yogyakrta Green and Clean 2008. Selama 2 hari berturut-turut para peserta diberikan materi di kelas yang menyangkut dengan persampahan diantaranya pengantar persampahan, kebijakan pengelolaan persampahan, teknologi pemanfaatan sampah menjadi energi serta pengembangan bisnis persampahan. Pada hari terakhir pelatihan peserta diajak untuk terjun langsung ke lapangan yaitu mengunjungi lokasi yang telah berhasil mengelola sampah secara mandiri, produktif dan ramah lingkungan. Lokasi yang dimaksud adalah desa Sukunan dan Klajuran di kab. Sleman. Kunjungan ke lokasi tersebut disambut langsung oleh tokoh masyarakat setempat yaitu Bpk. Iswanto selaku penggerak dari pengelolaan sampah mandiri di desa Sukunan. Keberhasilan masyarakat di Desa Sukunan dalam memisahkan sampah rumah tangga menjadi 3 tempat yaitu sampah plastik, logam dan organik, patut menjadi contoh. “Sukses yang sangat luar biasa, bisa mengajak masyarakat secara aktif dalam mengelola sampahnya sendiri” tegas seorang peserta yang berasal dari Dinas Kebersihan Kab. Barito Kuala. Selain itu mereka juga berhasil mendaur ulang bungkus kemasan makanan/minuman bekas menjadi aneka pernak-pernik menarik berupa tas, kotak pensil, tempat HP, dompet dan topi. Tak kalah menariknya di desa Klajuran, yang merupakan pemenang Yogyakarta Green and Clean 2008 untuk kategori desa dengan tingkat kepadatan tinggi peserta disambut secara hangat di balai desa. Peserta juga disuguhkan lingkungan hunian yang nyaman, asri dan bersih, karena masyarakat dengan penuh kesadaran diri telah berhasil menjaga kebersihan lingkungan hunian mereka. Tujuan akhir dari kunjungan pelatihan persampahan ini adalah Lokasi Daur Ulang Sampah Tambak Boyo yaitu merupakan tempat pengomposan dari sampah rumah tangga dan penyapuan jalan di Daerah Sleman, mereka memproduksi kompos sekitar 4 ton/bulan.
 
    Dengan ijin Allah SWT dan kerjasama dari berbagai pihak yang terkait, pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar dan Insyaallah agenda pelatihan CETS berikutnya adalah pelatihan pembimbingan mengenai Manajemen Laboratorium untuk professional dan ISO 14001 mengenai Sistem Manajemen Lingkungan untuk kalangan mahasiswa, jelas koordinator panitia Hijrah Purnama Putra, ST sambil berpromosi.
 
Peserta Pelatihan :
  1. Dinas Pasar & Kebersihan Kab. Barito Kuala, Kalimantan Selatan
  2. Badan Lingkungan Hidup Lampung Timur
  3. Badan Lingkungan Hidup Kab. Musi Rawas, Sumatera Selatan 
  4. Staf Pengajar Jurusan Teknik Lingkungan Univ. Pandanaran, Semarang
  5. Staf Pengajar Jurusan Arsitektur, Univ. Islam Indonesia, Yogyakarta
  6. Mahasiswa Magister Sistem Teknik, Univ. Gadjah Mada, Yogyakarta
  7. Mahasiswa Teknik Lingkungan, Univ. Islam Indonesia, Yogyakarta
 
(Wahyu Mulyani / Hijrah P.Putra) 
Berita ini dimuat di UII News Edisi 63 Th. IV Juli 2008
 
 
< Sebelumnya
 
IMG_7996.jpg

Total Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini9
mod_vvisit_counterKemarin90
mod_vvisit_counterMinggu ini351
mod_vvisit_counterBulan ini2005
mod_vvisit_counterTotal286034

Pengunjung Online

Terakreditasi

 TUV

 

KAN


Galeri Foto Kegiatan CETS UII

ambil sampling pt pertamina  dkpp balikpapan  persampahan

















Cets Uii | Create Your Badge