Selamat Datang Di Website CETS Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia

Selamat Datang di Website CETS

You are here: Home arrow Berita arrow Pelatihan Persampahan Periode V (6-8 Juli 2010)
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pelatihan Persampahan Periode V (6-8 Juli 2010)
Ditulis Oleh Administrator   
Tuesday, 13 July 2010
Kunjungan ke Bank Sampah Pelatihan Pengelolaan Persampahan berbasis masyarakat ini bukanlah pelatihan yang baru dalam agenda pelatihan tahunan Center for Environmental Technology (CETS) Jurusan Teknik Lingkungan UII. Pelatihan ini merupakan periode ke-5 (lima) semenjak pertama sampai saat ini, terlihat antusiasme yang sangat besar dari peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini. Sampah merupakan permasalahan yang sangat komplek karena menyentuh berbagai aspek kehidupan, oleh karena itu sangat diperlukan strategi-strategi khusus dalam pengelolaannya dan diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini semua peserta dapat menemukan strategi-strategi yang cocok untuk diterapkan di masyarakat dalam mengelola sampah, ujar Bpk. Luqman Hakim, ST., M.Si selaku Direktur CETS sekaligus Ketua Jurusan Teknik Lingkungan dalam pembukaan pelatihan.

Pelatihan yang berlangsung pada tanggal 6-8 Juli 2010 bertempat di Ruang Sidang Jurusan Teknik Lingkungan UII ini diikuti oleh berbagai pihak dari instansi pemerintahan yang terkait, lembaga swadaya masyarakat dan kalangan mahasiswa. Dari segi pemateri, CETS menghadirkan berbagai pemateri sesuai dengan keahliannya dalam bidang pengelolaan persampahan berbasis masyarakat, diantaranya adalah materi-materi mengenai strategi pemberdayaan masyarakat, pengelolaan persampahan, teknologi tepat guna dalam pengelolaan persampahan baik teori maupun praktek, perkembangan bisnis persampahan serta best practice dalam pengelolaan persampahan.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini dilengkapi dengan kunjungan lapangan. Tempat kunjungannya adalah Desa Bandegan, Bantul yang sudah sangat terkenal dengan Bank Sampahnya. Kemudian dilanjutkan ke Desa Sukunan yang telah sukses menjadi desa percontohan dalam pengelolaan persampahan berbasis masyarakat. Di Bank Sampah, peserta mempraktekkan langsung bagaimana mekanisme dalam menabung sampah dan pengelolaannya. Sedangkan di Sukunan peserta mempelajari strategi-strategi yang dibangun untuk menggerakkan masyarakat dalam mengelola sampah, disamping itu peserta juga disungguhkan dengan berbagai produk-produk lingkungan berbahan dasar sampah. Produk-produk ini akan saya bawa pulang ke daerah agar masyarakat di sana juga terinspirasi dalam mengelola sampah, ujar Sandianto peserta dari Bappeda Kota Palangkaraya yang memborong produk dari Sukunan.

Dalam perjalanannya CETS juga terus melakukan perbaikan baik dari segi materi, pemateri, praktek maupun pemilihan lokasi dalam melakukan kunjungan lapangan. Pada pelatihan pengelolaan persampahan berbasis masyarakat selanjutnya akan dicoba untuk fokus pada konsep keahlian (skill-based) dan interaktif dengan proporsi teori 40% dan praktek 60% sehingga memudahkan peserta untuk menguasai berbagai strategi dan metode dalam penerapan pengelolaan persampahan berbasis masyarakat ini, ujar Hijrah Purnama Putra, ST., M.Eng selaku koordinator pelatihan CETS. Agenda pelatihan berikutnya adalah Pelatihan Metode Sampling Air yang Insyaallah akan berlangsung pada tanggal 26-29 Juli 2010 ini, tambah Hijrah sambil berpromosi.

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
 
foto peserta pelatihan.jpg

Total Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini65
mod_vvisit_counterKemarin94
mod_vvisit_counterMinggu ini159
mod_vvisit_counterBulan ini3433
mod_vvisit_counterTotal271763

Pengunjung Online

Terakreditasi

 TUV

 

KAN


Galeri Foto Kegiatan CETS UII

ambil sampling pt pertamina  dkpp balikpapan  persampahan

















Cets Uii | Create Your Badge