Selamat Datang Di Website CETS Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia

Selamat Datang di Website CETS

You are here: Home arrow Berita arrow Pelatihan Metode Sampling Air berjalan lancar
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pelatihan Metode Sampling Air berjalan lancar
Ditulis Oleh Administrator   
Thursday, 05 August 2010

Sampling Air di Sungai Opak Pada bulan Juli 2010 ini, CETS (Center for Environmental Technology Study) Jurusan Teknik Lingkungan UII kembali mengadakan pelatihan yang bertema lingkungan. Kali ini yang menjadi topik pelatihannya adalah Metode Sampling Air, yang diikuti oleh beberapa instansi terkemuka di Indonesia seperti PT. Halliburton Indonesia, PT. Petrokimia Gresik, PT. Adhya Tirta Batam, dan Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT) UGM.

Pelatihan ini dibuka oleh Direktur CETS Bpk. Luqman Hakim, ST., M.Si dan Wakil Dekan FTSP Bpk. Ir. Hanif Budiman, MSA. Ini merupakan kegiatan ke-4 dalam tahun 2010 ini, setelah sukses sebelumnya mengadakan Pelatihan Pengelolaan Sampah berbasis Masyarakat di awal Juli kemarin. Pelatihan ini merupakan pecahan dari pelatihan Metode Sampling dan Analisis Kualitas Air, yang akhirnya menjadi Pelatihan Metode Sampling Air dan Metode Analisis Kualitas Air, memang sengaja kami pecah menjadi 2 (dua) pelatihan, karena waktu yang dibutuhkan cukup lama jika pelatihan ini dikerjakan secara bersamaan, ucap Luqman Hakim, dalam acara pembukaan pelatihan. Sementara Hanif Budiman dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jurusan Teknik Lingkungan mempunyai agenda rutin dalam menjalankan pelatihan baik yang dilakukan secara nasional maupun yang bekerja sama secara internasional. Efek dari pelatihan diharapkan bisa menjadi ajang bertukar informasi, berupa pengalaman teori yang mayoritas berasal dari universitas sedangkan pengalaman praktisnya yang berasal dari kalangan industri. Hal ini akan menjadi kolaborasi yang sangat bagus jika kedua hal ini bisa digabungkan.

Pelatihan yang berlangsung pada tanggal 26-29 Juli ini menghadirkan beberapa pemateri yang berkompeten di bidang sampling air, seperti Prof.rer.nat Agus Taftazani (BATAN Yogyakarta), Riyanto, Ph.D (MIPA Kimia UII), dan tentunya diperkuat lagi dengan bekal pengalaman sampling air yang dimiliki oleh dosen-dosen di Teknik Lingkungan sendiri. Kegiatan ini dirancang selama 2 (dua) hari untuk materi dikelas, 1 (satu) hari untuk praktikum di laboratorium Kualitas Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, sedangkan sisanya dilaksanakan praktek langsung di lapangan untuk pengambilan sampel air.

Pemilihan lokasi sampling sangat disesuaikan dengan kebutuhan peserta, kami berusaha agar semua latar belakang pekerjaan peserta terwakili, ada yang berasal dari industri pengolahan air minum, bagian pengolahan limbah dan ada juga dari laboratorium pengujian, ujar Hijrah Purnama Putra, ST., M.Eng selaku koordinator pelatihan CETS Jurusan Teknik Lingkungan. Lokasi pengambilan sampel meliputi Laboratorium Pengolahan Air Minum Jurusan Teknik Lingkungan UII untuk sampel air bersih, untuk air limbah di Pabrik Gula Madubaru dan untuk air permukaan diambil di Sungai Opak, Bantul, Yogyakarta. Pelatihan terdekat berikutnya adalah Penyusunan Status Lingkungan Hidup yang Insyaallah akan berlangsung pada 28-30 September 2010, tambah Hijrah.


 
< Sebelumnya   Berikutnya >
 
IMG_8136.jpg

Total Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini38
mod_vvisit_counterKemarin75
mod_vvisit_counterMinggu ini524
mod_vvisit_counterBulan ini1395
mod_vvisit_counterTotal290866

Pengunjung Online

Saat ini ada 1 tamu online

Terakreditasi

 TUV

 

KAN


Galeri Foto Kegiatan CETS UII

ambil sampling pt pertamina  dkpp balikpapan  persampahan

















Cets Uii | Create Your Badge